Friday, April 10

BENCONG TUGURAN

beberapa hari terakhir ini, merupakan hari hari yang sangat menentukan bagi anak kelas XII.
mengapa ?

kira kira, 2 minggu kurang ke depan, kita akan menghadapi sebuah UJIAN MAHA BESAR di kehidupan siswa.
NATIONAL EXAMS.

nah, jujur. kali ini, belajar aja ga cukup. oleh karena itu juga, akhir akhir ini aku menyempatkan diriku buat rajin berdoa juga.
semoga saya bisa lulus UN....
amin.

nah, bertepatan dengan hari raya paskah.
kami semua yang notabene pemeluk kristen.

jadi rutin pergi ke gereja. dimulai dari hari Minggu Palma kemaren.
yang mana misa (ibadah dalam agama katolik) nya disertai dengan prosesi perarakan membawa daun palma. tentunya dilakukan di luar gereja.

sedangkan, kalian tau sendiri, akhir akhir ini. kondisi cuaca pulau Bali. sedang sangat amat panas sekali. (maaf kalo saya menggunakan majas pleonasme)


jadi, selama prosesi perarakan berlangsung. tubuh ini terasa terbakar...
belum selesai penderitaan akibat panas matahari, ternyata aku ga dapet tempat duduk buat misa !

jadi terpaksa, selama misa berlangsung. aku duduk di tempat2 tanaman di pinggir gereja. sungguh seperti monyet yang disuru dengerin misa.

..........


berkaitan juga dengan prosesi paskah yang totalnya dilaksanakan selama beberapa hari (males ngitungnya, ga tau pasti juga).
waktu hari Kamis Putih kemarin, ada tugas buat TUGURAN secara bergantian.

jadi Tuguran itu = semacam ibadah yang prosesinya itu BERDOA sama BEGADANG lah kasarannya.... nah, diadainnya itu dari malem ampe pagi, cuman kita gantian masuknya.

jadi, Persekutuan Doa Alysius Gonzaga
tempat aku biasa ikutan bersekutu buat berdoa, dapet giliran tugas TUGURAN jam 1 pagi.

nah berhubung aku lagi pengen nyoba TUGURAN itu kayak apa, jadi aku memutuskan untuk ikutan... siapa tau dapet pencerahan pas UN.... haha.

nah, pertama tama, ajak temen2 buat ikutan TUGURAN dulu.
lewat plurk dong tentunya...

aris : TUGURAN yok e

tapi ternyata ada beberapa orang yang bingun tuguran itu apa.

jadi langsung ngomong ke orangnya langsung.

aku : TUGURAN yuk

rico : yuk

aku : malem kali ci

rico : iy, sekalian nginep yuk. kita maen i am yours

aku : oke, ajak jojo juga.



malemnya, sekitar jam 11 malem aku ditelpon.

aku : hei ric, ga jadi dah kalian nginep rumahku ya. aku ga bisa menyediakan tempat.

rico : .....................

aku : napa ric.?

rico : aku uda deket rumahmu ni gundul.

aku : ...................

rico : napa ris ?

aku : kalian mondok dulu dah dimana gitu... jangan di rumahku aja. ntar pas mau TUGURAN baru khe jemput aku.

rico : oke.



sekitar jam setengah satu lebih (TUGURAN bagianku mulainya jam satu pagi) aku ditelpon.

joshua : ris, jam rapa mau berangkat TUGURAN ?

aku : sekarang dah, khe jemput aku

joshua : oke deh. ni aku dari rumahnya Hadi ta jemput khe

aku : oke.



seketika aku keluar rumah, uda jam satu kurang beberapa menit...
ternyata joshua ama rico ama hadi (?!) dateng naek motor bertigaa.

ampe depan rumahku,

aku : trus aku duduk mana ?

joshua : iya ci, sekarang aku ambil mobil dah

aku :......................


apakah Joshua ga pernah belajar ilmu kapasitas suatu benda ?



nah, karena sudah pagi sekitar jam satu an. (TUGURAN UDA MULAI)
aku memutuskan untuk jalan kaki sendirian, ampe Tiara Monang Maning. sekitar 150 meter dari rumahku.


uda ampe tiara monang maning. joshua juga belum menampakkan batang hidungnya dan mobilnya.
aku emosi.


trus cemberut.


eh, ada om om dateng naek motor, dia mondok di Circle K depan tiara monang maning...

Om om : SUIT SUIT

aku : ............. ?

om om : suit suit

aku : (merasa om nya godain bencong)

om om : ihiy...........

aku : *liat belakang kiri kanan mengamati bencong di sekitar*

om om : *masih ngeliatin arahku dengan muka mesum*

aku :
glek........ *menyadari ga ada bencong di sekitar*

om om : suit suit.............

aku : ........................................



akhirnya mobilnya joshua dateng.
dan aku selamet dari om om penuh birahi tu...


aku : ey jo ! kok khe lama kali jemput akuu !!! aku uda ampe jalan juga khe belum nongol2 ?!

joshua : iya, masih ambil mobil lo,,, ambil barang2 juga...

aku : kle... gara gara khe aku dikira bencong

joshua : ...............................



ampe di Katedral ternyata uda jam setengah dua an.

jadi, kami semua memutuskan untuk ikut yang jam 2 pagi aja. . .
nah yang jam 2 pagi itu, tugurannya ampe jam 3 pagi.
cuman sejam kok. CUMAN SEJAM AMPE JAM 3 PAGI.



akhirnya semua masuk deh. ada aku , cindai , wulan , angga , rico , jojo.
tugurannya diadain di ruang ADORASI gereja KATEDRAL.


menit menit pertama, semua masih khusuk berdoa...
menit menit selanjutnya, semua mulai terjun ke alam mimpi....


pendoa : salam maria penuh rahmat Tuhan sertaMu, terpujilah Kau di antara para wanita, dan terpujilah buah tubuhMu Yesus...

UMAT : Santa Maria Bunda Allah, doakanlah kami yang berdosa ini sekarang dan waktu kami mati amin.


nah, berhubung PENDOA itu bergantian. akhirnya semua dapet giliran buat bacain bait pertama doa Salam Maria.

rico :
salam maria penuh rahmat Tuhan sertaMu, terpujilah Kau di antara para wanita, dan terpujilah buah tubuhMu Yesus...

(lancar...)

wulan :
salam maria penuh rahmat Tuhan sertaMu, terpujilah Kau di antara para wanita, dan terpujilah buah tubuhMu Yesus...

(lancar....)

Cindai :
salam maria penuh rahmat Tuhan sertaMu, terpujilah Kau di antara para wanita, dan terpujilah buah tubuhMu Yesus...

(lancar....)

aku :
salam maria penuh rahmat Tuhan sertaMu, terpujilah Kau di antara para wanita, dan terpujilah buah tubuhMu Yesus...

(rada grogi...)

angga :
salam maria penuh rahmat Tuhan sertaMu, terpujilah Kau di antara para wanita, dan terpujilah buah tubuhMu Yesus...

(lancar...)

joshua :
salam maria penuh rahmat Tuhan sertaMu, terpujilah Kau di antara para wanita, dan terpujilah buah tubuhMu Yesus...

(masih lancar...)




nah, berhubung juga doa Rosario yang dilakuin di TUGURAN itu ada 5 kejadian sedih.
yang artinya doa salam maria dilakuin 50x.
berarti semua dapet giliran doa dobel.

tapi giliran yang kedua...

rico : ........................ (terbangun dari tidurnya, saat pas dia membacakan doa)
salam maria penuh rahmat Tuhan sertaMu, terpujilah Kau di antara para wanita, dan terpujilah buah tubuhMu Yesus......

(selamat... lolos dari rasa malu)


wulan ama cindy lancar.
trus tiba giliranku, tapi aku waktu itu uda amat sangat ngantuk. jadi aku punya firasat bakal salah doa,
akhirnya aku suruh angga buat langsung doa, ngelewatin aku.

angga :
salam maria penuh rahmat Tuhan sertaMu, terpujilah Kau di antara para wanita, dan terpujilah buah tubuhMu Yesus...

(lancarr sekalee)


trus gilirannya jojo deh.

Joshua : Salam maria.... eee penuh rahmat.... Tuhan sertamu.... terpujilah kau di.....

joshua : ............

pemimpin tuguran : Antara para wanita....

joshua : di antara para wanita... dan ....

semuanya : terpujilah buah tubuhMu Yesus.

joshua : ............................



aku langsung bangun dari rasa ngantuk yang berlebihan. nahan ketawa gara gara jojo buat salah waktu baca doa.
semua senyum2 sendirian...


akhirnya pas pulang

seseorang : eh jo, kok khe isa salah tadi pas yang kedua baca ? kan yang pertama khe isa ?

joshua : iya, yang pertama aku catet di HP doanya... makanya aku hapal.

semua : .............................




well, inilah pengorbanan untuk Tuhan.
Dia berkorban untuk kita, maka kita juga harus berkorban dengan menyumbangkan seperseratus dari waktu kita untukNya.
meskipun doa, ato konsentrasi kita terbagi.
yang penting kan niatnya....



~Aris Lazuardi











No comments: