Saturday, April 25

radio dari masa lalu

radio itu sebuah teknologi yang menurutku keren sekali.
radio membantu orang orang susah, yang ga punya CD musik, untuk bisa mendengarkan musik di perjalanan panjang yang membosankan.

radio juga bisa didenger di rumah. tapi jujur, lantaran punya segudang musik di komputer.
aku lebih milih buat dengerin mp3 komputer daripada dengerin radio.


nah, dulu. jaman kira kira aku masih kelas 3 SD.
jaman jaman baru punya komputer di rumah.

cece ku waktu itu baru kelas 2 SMP.
dan sama sama denganku... lagi mempunyai satu hobi yang aneh nian.


hobinya apa ?


KOMPUTER, itu mempunyai sebuah program pemutar musik.
atau bahkan lebih.
aku dulu pake winamp. habis anak kecil ga bisa milih apa apa, kecuali yang ada di desktop komputer.

trus, komputer juga biasanya ditemani oleh 2 buah speaker aktif.
dan anak kecil (sekali lagi) taunya ya atur volume musik dari speaker nya aja.


nah. kalian tau RADIO kan ?
atau tepatnya, siaran radio kayak apa...

ada satu MC / DJ / apalah itu. cuap cuap sendirian di siaran radio, trus bentarannya diikutin ama musik yang biasanya hasil request-an penelpon.

dan, ini dia hobi anehku dulu.

aku : *sambil nyalain musik di komputer*

aku : halo semuanya pendengar radio gaul kharisma... *musik pelan pelan terdengar*

aku : selamat pagi, sungguh indah pagi ini, apa kabar kalian semua, wahai pendengar radio ini.

aku : yak ini sedikit musik dari sheila on 7 *jaman jaman so7 masih ngetop*

aku :...................

aku : yak sekian !

aku : sampai jumpa di siaran radio berikutnya.




biasanya di bagian akhir, ceceku malah ngeliatin aku dengan tatapan sinis.
padahal, aku tau dia benernya pengen berbuat hal yang sama denganku.


jadi suatu hari.
ceceku ngubek ngubek kaset punyanya.
trus dia ngambil tape, yang ternyata bisa dipake ngerekam.

jadi,, kasetnya itu dimasukin ke tape.
trus

cece : ris, kita rekaman

aku : wah, serius ??

cece : iya, tapi pas ci lia ngomong, kamu jauh jauh dulu.

aku : hiiiiiiiiiii??? *uda mau nangis*

cece : ntar pas giliranmu ngomong, baru kamu kesini.

aku : trus ntar didenger barengan gitu ?

cece : iya.



akhirnya. adegan rekam merekam yang sangat fatal itu.
berubah menjadi ajang pemberian nasehat.

aku masih inget samar samar, apa yang ceceku omongin di kaset itu.

cece : ris.. jangan suka ngebantah omongan mama, jangan suka ngelawan omongan orang tua, trus sekarang itu sebaiknya kamu mandi *hari minggu*, jangan nonton kartun aja kerjaannya, uda jam sebelas siang ini. ninja hattori nya uda selesai, inget mandi, uda bau tau kamu...


waktu itu aku sih masih senyum senyum aja waktu dengerinnya
trus pas giliranku ngomong. aku malah nyanyi nyanyi ga jelas.
yang buat pita kasetnya jadi molor...


nah.
ternyata kira kira 5 taun setelah peristiwa itu.
kaset itu masih ada, dan masih seger buger ampe sekarang.

jadi pas dengerin kaset itu lagi,
dan didengerin ke seluruh keluargaku.

semua bagian di keluargaku ngakak keras sekali.
ampe cangkir aja bergetar.


nah, sekarang tau kan. gunanya nyimpen sesuatu yang berharga dari masa lalu.
kadang kita bisa geli sendiri, waktu inget kita pernah ngelakuin hal hal kayak gitu.

akhir akhir ini juga, aku sering bawa kamera kemana mana.
tapi tiap ada yang nanya, aku pasti bilangnya kalo aku ga sengaja bawa kamera itu.


tapi benernya.

aku cuma ga pengen.

kehilangan satu momen terakhirku di SMA.


~Aris Lazuardi
High school never end !





No comments: