Saturday, June 20

teachers




tiba tiba inget sekolah lagi.
dan satu hal yang aku inget tentang sekolah itu,

perbuatan perbuatan unik yang kerap kali dilakukan guru guru itu.







temen-temenku (dalam hal ini, yang sering kumpul bareng ma aku) kalo lagi ngumpul ato ngobrol ato maem bareng, pasti sering berkeluh kesah tentang kesehariannya di sekolah (terutama di kelas waktu guru masih cuap cuep di depan).

yang dikeluhkesahkan itu rata rata klasik.

"bosen sekali, ngantuk nya minta ampun"

"luar biasa garing"

"crispy,... asinnya pas" *ini nilai guru ato ayam goreng sih*



dalam beberapa hal, atau kejadian. keluhan klasik itu tiba tiba berubah menjadi sebuah lelucon. dan biasanya di saat lelucon itu muncul, kami semua (2 orang atau lebih yang berada di sekitar lokasi kejadian) akan menimpalinya dengan tawa setan lucu nan seksi milik kami.





pertanyaannya, apa yang biasa dan ternyata bisa dilakukan oleh guru guru kami ?
saya jabarkan, satu persatu. sebagai sebuah pengingat kecil, bahwa aku (atau bahkan kita) pernah menerima pelajaran dari guru guru freak ini.


1. Bu Eka (kelas satu, wali kelas-guru bahasa indonesia)

banyak yg kenal dia sebagai guru paling seksi satu sekolah.
gimana ngga seksi, diantara banyak pohon pohon kering di sekolah, dia satu dari beberapa pohon cemara berbuah strawberry yang ada di sekolah.
guru laennya ? ada sih yang "berbuah" juga, cuman menurutku ini yang buahnya paling gede.



2. Bu Clara (kelas satu-guru kimia)

telah dikenal sejak taun 1945 sebagai guru kimia paling ga bisa dimengerti sepanjang sejarah perkimiaan sanjose. dulu pernah aku lagi pelajaran kimianya, waktu bahas bahas materi tentang ikatan ikatan kovalen ato apa gitu, aku menguap.

"..............."

"nic, sekarang uda ampe mana ?"

"masih di bab yang sama kok"

"yakin ? kok aku nguap sekali, rasanya uda ga nyambung lagi ama pelajarannya ?"

"................"

uda gitu, terakhir urusan ama dia, semakin terbaca kalo dia itu muka dua.
pura pura nya aja baek ama murid. tapi di belakang, bisa jahat banget ama kita.



3. Bu Siti Yulaikah (kelas satu-guru fisika)

mungkin guru ini lah seorang guru yang bisa jadi lumayan menghipnotisku jadi pemerhati fisika. dulu ak sama sekali ga bisa ngikutin fisika, tapi sejak diajar ama dia di kelas satu, jadi mengerti lah, kalo sesuatu yang seaneh fisika, masih ada sisi enakny untuk dinikmati. meskipun dinikmati, bukan berarti dimahiri.

satu dialog favorit bu siti kalo ketemu aku,

"kharisma, batuk saya sudah sembuh lo"

".............."

*soalnya dulu aku selalu nyindir batuknya yang ga sembuh sembuh, mungkin keselek rumus fisika ya ?*



4. pak sukarya (kelas satu dan dua - guru geografi, sejarah, cabul)

mungkin pelajaran cabul ga pernah ada di kurikulum indonesia (ato bahkan di seluruh bumi). tapi ntah kenapa rasanya semua setuju kalo guru satu ini, selain suaranya yang aneh, dia juga seneng melototin plus gangguin murid murid cewe. entahlah, apa dia punya penyakit aneh, ato emang moralnya yang rendah.



5. Pak RAI SUJAYA as known as MEGATRON (kelas dua-guru bahasa indonesia)

nama panggilan lain yang dia dapet, dikarenakan suaranya yang sangat unik. dan postur tubuhnya yang luar biasa .... uhm... uhh... mual deh.

"ris, pantatnya pak rai itu gede kali !"

"masak ? kok khe tau ntan ?"

"kemaren waktu dia ngajar di kelasku, kancing di pantatnya copot sendiri, kepental gitu !"

"......................"



dan mulai dari sini, saya akan membahas guru guru di kelas 3. yang ternyata, mempunyai kelakuan kelakuan yang nyaris mencapai batas imbisil.



6. Mr PIUS DE LEZA (kelas 3, guru bahasa inggris)

ini adalah salah satu dari sekian banyak guru yang aku suka. kalo kamu ketemu guru kayak dia di jalan, bungkus aja trus bawa ke sekolahmu, suruh dia jadi kepsekmu.
dijamin deh, sekolahmu jadi lebih gaul dan penuh bunga.

dia pernah aku omongin di postingan ini
trus diomongin ama rico di blognya dia....



7. Pak Tantra (kelas 3, guru biologi)

salah satu guru yang bisa menilai keadaan, dan membuatnya jadi kekuasaannya.

kalo kelas sudah bergelagat bosen dengerin dia ceramah.

dia bakal dongeng tentang kehidupan reproduksi manusia, menurut gayanya sendiri, dan semua otomatis...

mukanya kayak gini.




8. Pak Pugir (kelas 3, guru fisika)

seneng punya guru penuh ekspresi ? yang mukanya bisa di request macem emoticon di yahoo mesengger ? macem di plurk ?
tinggal pesen antar guru ini, dan dia siap melayanimu dengan muka muka bodonya kalo lagi ngajar.
guru ini kalo lagi bosen, bisa nguyak sendiri di depan kelas.
pernah saya bahas di postingan ini ....


9. Anton Wangge (kelas 3, guru matematika-penunggu sekolah)

mungkin ada yang pernah baca postingan saya yang menandakan satu posisi bahwa saya adalah pembenci guru satu ini ?
haha, ternyata seiring waktu berjalan, permusuhan saya dengannya malah luntur, dan berganti menjadi hubungan guru-murid yang biasa aja.
malahan, dia jadi baek dengan saya, karena saya sering menjilat dengan cara.

"pak, pulang ama sapa ?"

akhirnya, dia sering nebeng pulang ama saya, en ama joshua.

tapi lama lama, jadi ngeselin juga. dia sering minta anterin kemana mana, bahkan joshua pernah disuruh anterin dia ke rumah dosennya... ya ampun...

tapi dengan hubungan baek yang diberikan anton pada kami.
segala urusan tentangnya jadi lancar....






well, saya kira. daftar daftar guru diatas adalah guru guru yang menurut saya sudah melambangkan sifat sifat dari banyak guru di sekolah.

tapi, apapun yang terjadi di sekolah saya dulu. saya akan tetap menghargai almamater saya yang telah membuat saya seperti saat ini, pribadi, dan pengetahuan itu sebagian besar saya dapatkan di sekolah.

bye bye sanjose.






~Aris Lazuardi


2 comments:

Yulia Indah Pratiwi said...

-bu eka,emng guru paling mantep (^_^)

-pak rai?!huekk..,but dia emng guru yang bodynya paling aduhai sih,yang lumayan gagah dibandingkan guru2 yg lain,but jujur gwe dulu sama skali ga ngerti apa yg diterangkan ama tuch guru, (-_-)

-buzet..masa tega bnget sih ngejek pak tantra,hahaha tp emng mukanya kayak gtu sih..

-and pak anton,my guru favorite gwe nie paz klas XII dulu,
btw gmna kabarnya dia skrng, dnger2 dia ga jd married yach?ya ampun kasiannya dirimu pak..(T_T)

wahhh...jd kangen sama san jose nie ^^

arislazuardi said...

waahahaha.. emang,,, pak anton mau nikah katanya,,,
dan, udah diumumin di wilayah tempat pak anton tinggal, tmenku yang kasi tau...
hha...
sanjose bakal kehilangan perjaka tangguhnya... hoohhoo